Jumat, 14 Desember 2018

Stroke Up Honda CS1 Via Kruk as Sonic 150


Kali ini saya akan berbagi sedikit pengalaman   stroke up Honda legendaris  yang katanya gagal produk hahahaha :D  (kata orang orang bgtu)  eeee mlah curhat,,   hihihi,,,, apalagi kalau bukan Honda Cs1 ,dengan kubikasi mesin 125cc. Standar honda cs1 itu aj basicnya sudah over bore yang mana diameter piston lbih lebar dripada panjang strokenya ,yaitu diameter piston 58mm x panjang stroke 47mm. Yang tentu tipe mesin kaya gini enak untuk rpm menengah keatas,.. Punya saya dulu waktu standar ting ting top speed bisa mencapai 127km/h dengan trek lurus yg lumayan panjang sekitar 1km an..

Nah kenapa saya ingin stroke up honda cs1 kesayangan saya?? karena karakter cs1 itu keluar tenaganya di rpm mengah ke atas otomatis buat akselerasi berat dan kebutuhan saya sering buat touring atau main ke pegunungan dengan posisi boncengan dmna kalau dengan spek standarnya terasa berat buat mnggali torsi , harus extra geber di rpm tinggi baru keluar tenaganya.Maka dari itu saya berfikir gimana caranya mendapatkan torsi yang tinggi di rpm yang rendah, lalu sya teringat teman saya yang bilang kalau pgen dapat torsi besar  stroke up saja. Nah dari situ saya kepikiran dan akhirnya saya memutuskan untuk stroke up motor saya. Saya gali2 cari informasi kesana kemari bahan apa sja yang perlu sya cari untuk stroke up cs1 saya....dan akhirnya ketemu

Dan berikut ini bahan bahan yang dibutuhkan untuk Stroke up Honda Cs1 saya : 



1.Kruk AS Sonic 150 (K56) sepaket dengan balancernya




2.Baut ancer Mio

3.Rantai Kamprat Honda Megapro




4.Lidah Tensioner Honda Kharisma 



5.Paking Dural 13,5mm (Buat ditukang bubut)


Kalau bahan bahan sudah lengkap mari ke tahap selanjutnya :D


Tahap Pengerjaanya  sebagai berikut :

1. Proses pemasangan kruk as Sonic 150 di cs1
 - dikarenakan lebar as kruk lebih kecil dari crankcase cs1 perlu ditambah ganjal di belakang bearing kruk as dengan tebal 3,5mm , untuk bagian kiri dan 1,5mm untuk bagian kanan.

2. Berhubung Pen piston cs1 13mm sedangkan diameter small atau pen piston Sonic 150  (k56) 14mm,diperlukan bosh buat ganjal small end atau pen piston.

3. Karena langkah stroke naik yang cukup tinggi maka baut tusuk sate pake Yamaha Mio,begitu pula dengan lidah tensioner pakai punya Honda kharisma, dan rantai kamprat atau rantai keteng memakai milik Honda Megapro.

4. Dengan Kruk as k56 stroke up 11mm, butuh paking dural setebal 13,5mm, kenapa lebih tinggi??? ,dikarenakan panjang stang piston jga lebih panjang, dan otomatis liner boring juga mesti diperpanjang 12mm. kenapa lebih pendek dari paking dural yang 13,5mm ?? dikarenakan lebar daun kruk as Honda New Sonic 150  lebih lebar dari kruk as bawaan cs1.

5. Karena Stroke up yang tinggi ditakutkan kompresi terlalu tinggi yang bisa membuat kompresi bocor ke water jacket, maka bisa dicegah dengan menata ulang water jacket dengan cara dicor ulang full dengan las argon ,sehingga lobang water jacket bisa diatur sesuai jalur yang ada pada head.

6. Karena langkah stroke naik  begitu drastis dari standar  cs1 , maka otomatis durasi n lifter noken as standar cs1 dipastikan tidak mumpuni, maka diubah durasi dan naik lifter noken as nya.

7. Untuk mencegah knocking terjadi karena langkah yang panjang maka rasio kompresi jangan terlalu tinggi, agar stang piston tidak terlalu terbebani, sehingga lebih aman untuk jangka panjang,dan untuk meminimalisir getaran mesin, sehingga suara mesin juga lebih halus.

8. Karena langkah Stroke  dah berubah banyak, otomatis timing pengapian jg wajib diubah, timing  pengapian cukup 15-17 derajat, mirip mirip standarnya cs1.Kalau dibikin lebih maju akselerasi lebih hebat tentunya, tapi beresiko di stang piston jdi terbebani dan masih ditambah spi magnet bisa hancur gara gara tendangan balik saat kompresi.

9. Dengan naik CC yang terlalu tinggi ditakutkan terjadi selip kopling, maka perlu ubahan di sektor kopling dengan mengganti pir kopling dan kampas kopling yg lebih gigit  biar bisa ngladenin cc yang juga naik,

10. Rasio Kompresi dibikin ga terlalu tinggi agar double stater juga masih bisa jalan

11. Berhubung kruk as bagian magnet lebih panjang maka gii stater perlu diganjal agar tetep bisa digunakan dan tidak terdapat banyak spelling.

12. Pada intinya dalam pengerjaan harus penuh kejelian dan keakuratan agar hasilnya bisa sesaui hitungan dan sesuai harapan ,

Nah mungkin itu yang bisa saya bagikan  dari pengalaman saya stroke up Honda CS1


Nah gimana teman teman dah ada gambaran belum untuk kalian yang mau ingin Honda Cs1 kesayangan kalian di stroke up kan :D


Dari hasil Stroke Up diatas perubahan performa yang terasa adalah
1.Akselerasi 0 - 100 km/h sangat cepat
2.torsi berlimpah di rpm bawah , dan ditest ke daerah tanjakan  ketepp pas cuma ngandelin gigi 3 -4-5
3.Konsumsi BBM  jadi lebih irit dari sebelumnya,

Minusnya :
1. Getaran sdikit terasa dibandingkan standarnya tpi sdikit banget ga sampai mengganggu kalau menurut saya
2.Tangan gatel ingin merasakan jambakan akselerasinya hehe :D

Untuk Tes ride bsok saya buatkan  lgi review nya pakai video biar jelas hehe





Untuk Biaya Riset Stroke Up ini Saya Estimasi Dana 4jt buat jaga jaga kalau ada Trouble dan perlu komponen tambahan  dan juga agar dana longgar, jadi kalau sisa kan bisa buat yang lainya  :D . kalau dana pengerjaanya berapa bisa langsung tanya sama bos mechanicnya di bawah ini biar tambah mesra hehe bercanda :D


Untuk Pengerjaan saya pasarahkan sepenuhnya dengan mechanic kepercayaan saya yaitu di Poetra Bungsu Garage ,yang beralamatkan di Sukoharjo.
untuk jelasnya bisa hubungi Bossnya langsung by Whatsapp di : 0852-2996-6090 
atau kalau sekedar sharing bisa sma saya sendiri selaku yang punya cs1 nya hehe WA : 0815-7802-8794







9 komentar: